Hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mulai Minggu sore, 26 Februari 2023 hingga Senin pagi, 27 Februari 2023.

Hujan menyebabkan lonjakan tinggi muka air (TMA) di beberapa titik kontrol bendungan di Jakarta. Hingga pukul 06.00 WIB, Bendungan Katulampa berstatus Waspada Level 3 menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

Senin (27 Februari 2023): “Kami menginformasikan kepada BPBD DKI Jakarta bahwa pada pukul 06.00 WIB Bendung Katulampa setinggi 100 cm dan turun salju pada Siaga 3” 2023).

Urutan kronologis peningkatan TMA terjadi pada saat hujan dan TMA 80 cm pada pukul 05.00 WIB di Lokasi Pengamatan Bendungan Catulamba. TMA tercatat 100 cm, naik 20 cm dari pukul 06.00 WIB akibat hujan.

Karena itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk waspada dan waspada terhadap risiko banjir.

Pasalnya, BPBD DKI Jakarta memprediksi air akan mencapai Pintu Air (PA) Manggarai dalam waktu 6-9 jam ke depan. Setidaknya ada 20 daerah di sepanjang bantaran sungai yang rawan banjir.

Air diperkirakan mencapai Manggarai PA dalam waktu 6 hingga 9 jam, kata BPBD DKI Jakarta.

Daerah yang dilalui sungai tersebut antara lain Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pejaten Timur, Rajawati, Pengadegan, Cikoko, Kebon Baru dan Bukit Duri.

Kemudian Manggarai, Kalisari, Baru, Cijantung, Gedong, Balekambang, Cililitan, Cawang, Tionghoa Bidara, Kampung Melayu dan Kebon Manggis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *